isi hikayat panca tantra

Senin, 10 Oktober 2011 0 komentar

jagi isi dari hikayat panca tantra adalah seputar kisah hewan yang sebelumnya sudah saya jelaskan di posting yang berjudul "hikayat panca tantra". kisah hewan ini terus bersambung dari cerita satu ke cerita yang lainnya. banyak sekali cerita hewan yang ada pada hikayat panca tantra, namun kali ini saya hanya memberi 2 cerita. selamat membaca

1. Monyet Dan Baji
Seorang pedagang sekali mulai membangun sebuah kuil di tengah-tengah kebunnya.
Banyak tukang batu dan tukang kayu yang bekerja untuk pedagang. Mereka mengambil cuti setiap hari untuk pergi ke kota untuk makan siang mereka. Suatu hari, ketika pekerja pergi makan siang batch monyet mendarat di situs candi dan mulai bermain dengan apapun yang tertangkap mereka mewah. Salah satu monyet melihat log sebagian menggergaji kayu dan baji tetap dalam sehingga tidak dekat.
Penasaran ingin tahu apa itu, monyet mulai marah menarik-narik baji. Akhirnya baji datang dari, tidak
sebelum menjebak kaki monyet ke celah log. Sangat segera, tidak bisa mendapatkan kakinya keluar dari
kayu ditutup, monyet meninggal.
"Oleh karena itu," kata Karataka Damanaka, "adalah tidak bijaksana untuk menyodok hidung kita dalam urusan yang tidak perhatian kita.
Kami memiliki toko makanan. Mengapa kita harus repot-repot diri sendiri tentang singa ini? "
Damanaka menjawab, "Makanan bukanlah pusat dari kehidupan kita. Para tetua mengatakan bahwa orang bijak mencari bantuan raja untuk membantu teman-teman dan musuh membahayakan. Ada seratus cara untuk mengumpulkan makanan. Yang penting adalah hidup penuh pembelajaran, keberanian dan kekayaan. Jika entah bagaimana hidup adalah tujuan, bahkan gagak makan sisa-sisa kehidupan yang panjang. "
"Benar, tapi kita tidak menteri lagi. Para tetua selalu mengatakan bahwa orang bodoh yang menawarkan
beralasan untuk nasihat kepada raja mengundang tidak hanya penghinaan tetapi juga penipuan, "kata Karataka.
"Tidak," kata Damanaka, "siapa pun yang melayani raja dengan pengabdian terikat untuk mendapatkan menguntungkannya dalam jangka panjang.
Orang yang tidak tetap di mana dia. Mereka yang memahami mengapa raja marah atau murah hati akan
satu hari di kantor meningkat. Hal ini diperlukan untuk dalam buku-buku baik dari raja. "
"Oke, apa yang Anda ingin lakukan sekarang?" Tanya Karataka.
"Kau tahu raja takut sekarang. Kami akan bertanya kepadanya apa yang menakutkan dirinya dan menggunakan enam cara diplomasi mendekatinya. "
"Bagaimana Anda tahu raja takut?"
"Perubahan dalam sikap, tanda-tanda, kecepatan, tindakan, percakapan, tampak dan ekspresi menunjukkan kerja
pikiran. Aku akan mendekati rasa takut-raja melanda hari ini dan dengan kecerdasan saya, saya akan menghilangkan rasa takutnya dan sekali lagi menjadi menteri, "kata Damanaka.
"Bagaimana Anda melakukannya ketika Anda tidak tahu prinsip-prinsip pelayanan?" Tanya Karataka.
Damanaka menceritakan semua yang ia tahu dan belajar tentang apa yang membuat seorang hamba yang baik dan setia dalam pelayanan raja.
"Dalam hal itu, saya berharap Anda semua keberuntungan," kata Karataka.
Mengambil cuti dari Karataka, Damanaka kemudian disebut pada raja. Menyadari bahwa ia adalah putra lamanya Menteri, Raja Pingalaka kepada penjaga untuk membawanya ke hadapannya. Damanaka dating berlutut untuk penghormatan kepada raja.
"Kami belum melihat Anda untuk waktu yang lama," kata raja.
"Saya tidak tahu apa gunanya saya dapat untuk Anda, Tuanku. Namun, menurut dipelajari, ada saat-saat
Namun setiap orang tinggi atau rendah akan berguna bagi raja. Untuk generasi kami telah melayani raja dengan pengabdian. Namun saya tidak disukai Baginda itu. "
"Baiklah, kompeten atau tidak kompeten Anda adalah putra menteri lama kita. Pergi ke depan dan memberitahu saya apa pun yang Anda ada dalam pikiran Anda, "perintah raja Damanaka.
"Bolehkah saya bertanya Anda rendah hati, Tuanku, apa yang membuat Anda datang kembali dari danau tanpa air minum," tanya
Damanaka enggan.
"O 'Damanaka, tidak Anda mendengar suara besar dan menakutkan di kejauhan? Saya ingin meninggalkan hutan ini.
Binatang aneh yang bisa membuat suara seperti harus sekuat suara dia membuat. "
"Yang Mulia, jika hanya suara itu adalah masalah Anda, saya ingin menyampaikan bahwa suara yang menyesatkan. Saya dapat memberitahu
Anda kisah tentang serigala, bagaimana ia mengatasi rasa takut suara. "
Mari kita dengar, kata sang raja.

2.Aktifitas Jackal dan drum
Sebuah serigala lapar yang diatur dalam mencari makanan dan berakhir pada mana medan ditinggalkan ia terdengar keras dan suara aneh. Takut, pikirnya, "Aku harus menghilang dari sini sebelum orang yang membuat suara ini membuat saya "Setelah beberapa saat ia berkata pada dirinya sendiri," Aku tidak harus lari seperti itu.. Biarkan aku mencari tahu apa yang benar-benar suara berada dan siapa yang membuat mereka karena apakah itu rasa takut atau kebahagiaan seseorang harus tahu penyebabnya. Orang semacam tidak akan pernah menyesali tindakannya. Jadi, biarkan saya pertama mencari sumber suara-suara. "
Waspada, serigala yang berbaris ke arah suara dan menemukan drum sana. Itu gendang ini, yang
mengirim suara setiap kali cabang-cabang pohon di atas menyapu itu. Lega, yang serigala mulai bermain drum dan berpikir bahwa mungkin ada makanan di dalamnya. Serigala memasuki drum oleh menusuk sisinya. Dia kecewa menemukan ada makanan di dalamnya. Namun ia menghibur dirinya sendiri mengatakan bahwa ia menghilangkan dirinya dari rasa takut suara.
"Oleh karena itu", kata raja Damanaka Pingalaka, "Paduka tidak perlu takut suara. Saya mencari Anda
izin untuk pergi dan melihat apa suara yang. "
"Oke," kata raja. Mengambil meninggalkan raja, Damanaka berjalan ke arah suara.
Raja kini mulai mengkhawatirkan dirinya sendiri tentang niat Damanaka itu. "Dia mungkin memiliki dendam terhadap saya untuk menolak dia sekali. Orang-orang tersebut membalas dendam. Seharusnya aku tidak membawanya ke keyakinan. Biarkan aku terus mata pada dirinya. Orang bijak selalu menyatakan bahwa sulit untuk membunuh bahkan seorang prialemah yang tidak
mudah mempercayai orang lain tapi mudah untuk membunuh seorang pria yang kuat yang mudah percaya orang lain, "pikir raja.
Sebagai raja terus mengawasinya, Damanaka bergerak perlahan-lahan menuju Sanjeevaka, lembu jantan, dan menemukan bahwa ia adalah setelah semua binatang dan berpikir, "Ini adalah pertanda baik. Ini akan membantu saya untuk mendapatkan kembali ke buku-buku bagus raja. Raja tidak pernah mengikuti saran dari menteri mereka kecuali mereka berada dalam bahaya atau kesedihan. Sama seperti yang sehat manusia tidak berpikir tentang seorang dokter, seorang raja yang kuat dan aman juga tidak pernah mengingat kebutuhan pendeta. "
Yakin bahwa apa yang ia lihat hanya seekor lembu jantan, Damanaka kembali ke raja dan menceritakan apa yang dilihatnya.
"Apakah itu benar?" Tanya raja.
"Raja adalah Tuhan. Orang yang terletak raja binasa. Ia sendiri memiliki kekuasaan untuk memberikan bantuan. "
"Aku percaya padamu. Orang besar tidak membahayakan orang lemah. Mereka mengambil hanya pada mereka sama. Itu adalah apa yang unik tentang orang berani. "
"Apa yang paduka katakan itu benar. Sanjeevaka adalah besar. Jika Tuanku mengizinkan kepadaku, Aku ini akan membujuknya untuk menjadi salah satu dari hamba-hambamu. "
"Baiklah, saya mengambil kembali sebagai menteri," kata raja, senang.
Damanaka sekaligus bergegas kembali ke Sanjeevaka dan menyuruhnya berhenti berteriak dan datang dan bertemu rajanya. Tetapi lembu jantan yang ingin Pingalaka ini. "Apa? Anda tidak tahu tuan kita? Tunggu, Anda akan tahu lama biaya kebodohan ini. Itu dia, dikelilingi oleh rombongan di bawah pohon beringin "Sanjeevaka. mengira hari-harinya diberi nomor dan memohon dengan Damanaka, "Sir, Anda tampaknya menjadi orang yang sangat bijaksana dan kecerdasannya. Anda sendiri dapat menyelamatkan saya. Aku bisa datang hanya jika Anda dapat meyakinkan saya bahwa tidak ada salahnya akan datang kepada saya. "
Damanaka mengatakan kepada lembu untuk menunggu waktu yang tepat untuk bertemu raja.
Kembali kepada raja, Damanaka mengatakan kepadanya "Tuanku, dia bukan sedang biasa. Dia adalah kendaraan Tuhan Siwa. Dia mengatakan kepada saya bahwa Tuhan Siwa telah mengizinkan dia untuk makan di rumput lembut di sekitar Jamuna. Tapi aku mengatakan kepadanya bahwa hutan itu milik raja singa kami yang merupakan kendaraan dewi Chandika. Anda tamu kami. Anda dapat melihat raja kami dan mencari ruang terpisah untuk Anda untuk merumput. Dia setuju untuk rencana ini
asalkan ia memiliki jaminan dari Baginda. "
"Ya, tentu. Tapi aku akan memerlukan jaminan dari dia sebagai imbalan. Bawa dia ke sini, "kata raja Damanaka.
Kembali ke Damanaka lembu jantan menasihatinya, "Anda memiliki kepastian raja. Tapi ini baru
posisi tidak harus pergi ke kepala Anda. Kita harus bekerja sama. Itu adalah bagaimana kita bisa makmur. Jika tidak, dia
yang tidak menghormati setiap orang, bagaimanapun tinggi atau rendah, akan kehilangan nikmat raja seperti Dantila. "
"Bagaimana Dantila?" Tanya Sanjeevaka.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Design by MAN Sidoarjogoresan pelajar | (y)